Sabtu, 30 April 2011

Belajar Bahasa Baru :D

Setiap nonton film Korea atau Perancis, rasanya pengin bisa mengerti bahasa mereka. Tapi ternyata susah banget! Alhasil, karena terlalu pusing menghafalkan begitu banyak aturan tata bahasa dan kata baru, semangat kita keburu luntur duluan! Coba deh beberapa trik jitu buat bikin kita makin lancar berbahasa asing!

Flash Card
Cara paling ampuh  menghafalkan kata baru adalah membuat flash card. Potonglah kertas-kertas menjadi ukuran kecil, lalu tulis kata asing itu di satu sisi dan arti bahasa Indonesianya di sisi lain. Usahakan membawa kartu-kartu ini ke mana pun kita pergi, supaya setiap ada waktu luang, kita bisa membaca dan mencoba menghafalnya.

Main, yuk!
Kadang dalam suasana yang terlalu serius, kita justru jadi stress dan susah belajar. Makanya, coba deh belajar lewat beberapa permainan seperti Scrabble, Hangman, atau Mystery Case Files dalam game komputer. Permainan seperti ini membantu kita mengingat kata-kata baru dan juga artinya.

Keluar dari buku
Kalau buku pelajaran bikin pusing, cobalah keluar dari buku dan belajar dari tempat lain. Misalnya, cari tahu lirik lagu favoritmu dan artinya, nonton film dengan teks bahasa asing, nonton saluran TV khusus bahasa asing tersebut atau baca komik.

Teman ngobrol
Cari teman ngobrol untuk kita berlatih bahasa asing tersebut. Mulai dari orang yang pernah belajar bahasa atau tinggal di negara tersebut, sampai teman orang asli negara tersebut yang bisa kita ajak ngobrol lewat chatting atau Facebook.


Ini sudah aku buktikan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar